Iklan

Cari artikel menarik di blog sini

Minggu, 06 Juli 2014

Fungsi motif lapanggan sepak bola

Buat para pecinta bola pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis lapangan sepak bola dari berbagai negara.. banyak kita temui keunikan keunikan tersendiri dari lapangan-lapangan tersebut.. seperti bergaris vertikal, horizontal, obat nyamuk, matahari, bahkan kotak-kotak..
Namun dalam pembahasan kali ini, kita tidak membicarakan tentang macam-macam jenis lapangan sepak bola.. tetapi kita akan membahas tentang fungsi dari garis yang dibuat pada lapangan..

Lapangan bola paling sering kita jumpai dengan motif garis lurus vertikal (kalo dilihat dari layar tv.. hehe) , tidak terkecuali lapangan yang digunakan pada perhelatan piala dunia 2014 di brasil.
Namun tidak banyak orang yang mempertanyakan apa tujuan dibuatnya motif-motif tersebut.. padahal apabila lebih rinci.. motif ini paling disukai oleh hakim garis (yang biasanya lari disamping lapangan) ,untuk melihat dengan lebih tepat posisi para pemain berada pada posisi offside (pemain yang mendahului pemain terakhir lawan saat menerima bola) atau tidak.. jadi motif ini yang paling berguna bagi wasit..
tetapi, tetap apabila masalah menentukan motif adalah pihak stadion.. karena biasanya motif digunakan agar lebih memikat para penonon yang melihat.. karena semakin unik motif.. maka semakin banyak yang ingin melihat..
berikut contoh-contok motif lapangan sepak bola ..


1. Vertical
2. Horizontal








3. Kotak-kotak
4. Matahari













1 komentar: