Iklan

Cari artikel menarik di blog sini

Selasa, 14 Juni 2016

Mentimun Terasa Pahit ? Ini Penyebabnya

Tips dan Trik, MENTIMUN, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mentimun /men·ti·mun/ (n) tumbuhan yg menjalar, bentuk buahnya bulat panjang, berwarna hijau, hijau muda, atau kuning, bisa dimakan mentah sebagai lalap, atau dibuat acar, dsb; dikenal juga dengan nama ketimun atau timun; nama ilmiah atau nama latin-nya adalah Cucumis sativus.
Bagi orang Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, sebenarnya bisa dikatakan buah bisa juga sayur, karena tidak jarang juga menjadi bahan pelengkap untuk membuat sayur dan makanan.

Mentimun terasa pahit ?
Namun pernahkah anda merasakan pahit saat mengkonsumsi buah ini ? ada beberapa pendapat orang-orang Indonesia tentang penyebab rasa pahit pada buah mentimun, seperti pernah dilewati ular, menanamnya di
samping pare, menanam pada tanah kering dll, mungkin ada benarnya, namun ternyata menurut berbagai sumber penyebabnya adalah saponin, senyawa fitokimia yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Senyawa ini terdapat pada bagian ujung buah mentimun tepat pada lendirnya.
Selain mengandung senyawa tersebut, mentimun juga mengandung banyak gizi lainnya. Kandungan zat gizi per 100 gram berat mentimun  terdiri dari : energi 12 kalori, protein 0.7gr, lemak 0.1gr, karbohidrat 2.7gr, kalsium 10mg, fospor 21mg, besi 0.3mg, vitamin A 0 RE, vitamin C 8.0mg dan vitamin B 0.3mg.
Sementara, kandungan mineral yang terdapat dalam mentimun meliputi potassium, magnesium, kalium, zat besi dan fospor. Beberapa mineral tersebut berkhasiat untuk mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi).
Selain itu, buah berwarna hijau ini mampu pula mengeluarkan racun-racun dalam tubuh (detoksifikasi).

 

Tips agar mentimun tidak terasa pahit : 
Agar tidak mendapati timun pahit, mungkin satu tips dari saya ( sebenarnya dari ortu,,.. haha ), yaitu ketika anda mengupas nya, potong terlebih dahulu ujung mentimun yang terdapat senyawa tersebut, gosokkan kedua bagian yang terpotong sampai keluar lendir dari mentimun, lakukan juga pada sisi yang lainnya. Kemudian cuci sampai bersih mentimun.
Mungkin itu saja tips dari saya, semoga bermanfaat.. terima kasih sudah berkunjung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar